Bagian – Bagian Dinamo Listrik

Dinamo listrik adalah alat elektromagnetik yang berfungsi untuk memutar impeler pompa, kipas angin, blower dan penggerak kompresor. Tidak hanya itu saja, alat ini dapat kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari seperti kipas angin, mixer dan bor listrik. Dalam sebuah mesin dinamo listrik terdapat komponen-komponen penting untuk menunjang kerja mesin tersebut.

Berikut bagian-bagian dari dinamo listrik yaitu:

Stator

Santor merupakan komponen utama pada motor listrik, bagian ini berfungsi untuk membangkitkan medan listrik disekitar rotor. Bagian sator ini merupakan bagian motor yang bersifat statis (tidak bergerak). Semakin besar jumlah kumparannya maka semakin besar pula medan magnet yang dihasilkan.

Rotor

Jika stator statis, itu berbeda dari rotor yang berputar dan kecepatan pergerakannya disesuaikan dengan jumlah lilitan kawat. Semakin besar jumlah belokan, semakin besar pula hasil rotasinya. Selain itu, putaran dapat diperbesar dengan menggunakan kabel email agar didapat panjang kabel yang maksimal.

Sikat

Sikat merupakan bagian dari sikat tembaga yang berfungsi menghubungkan arus listrik dengan rotor. Gesekan antara main rotor kecil dan sikat ini akan mengalirkan arus listrik secara terus menerus sehingga putaran motor menjadi sinkron. Umumnya motor listrik dilengkapi dengan dua buah sikat yang akan menyuplai arus listrik dan massa ke kumparan rotor. Jika sikat tidak dibersihkan akan menyebabkan arus listrik tersumbat dan mati karena kerak.

Poros Utama

Poros utama berfungsi sebagai poros tempat dipasangkan berbagai peralatan yang harus digerakkan, oleh karena itu bagian ini merupakan salah satu komponen utama dalam sebuah dinamo listrik. Contohnya bisa dilihat pada bilah kipas yang ingin digerakkan, maka baling-baling harus dihubungkan dengan poros utama. Poros utama harus terbuat dari aluminium yang tahan karat dan konsisten pada suhu dan putaran tinggi.

Baca:  Distributor Resmi Genset Yanmar

Bantalan

Bearing tersebut berfungsi sebagai bantalan antara permukaan poros dan rumah motor. Dengan menggunakan bantalan akan membuat putaran yang dihasilkan oleh motor listrik berjalan dengan lancar. Bahan bantalan yang baik pada motor listrik harus memiliki gaya gesek yang kecil agar tidak menghalangi putaran motor.

Penggerak Katrol

Bagian ini digunakan untuk menggerakkan perkakas tertentu dengan dinamo listrik. Katrol penggerak berfungsi untuk mentransfer putaran motor ke motor lain, misalnya kipas angin. Komponen ini berupa roda gigi (katrol).

Perumahan Motor

Rumah motor berfungsi sebagai pelindung luar dari komponen-komponen yang ada di dalam dinamo. Selain itu, bagian ini juga berfungsi untuk melindungi pengguna dari resiko bahaya putaran motor yang tinggi.

Baca juga: Mengenal dinamo listrik