Debat Publik Pilkada Bonbol, Begini Aturan Mainnya

Debat Publik Pilkada Bonbol, Begini Aturan Mainnya

Sumber: Hulondalo.id

Adnan Berahim

Ketua KPU Bone Bolango Adnan Berahim

Hulondalo.id – KPU akan mengadakan debat publik pertama calon wakil bupati dari masing-masing 4 pasangan calon yang akan bertanding dalam Bonbol Pilkada.

Sesuai jadwal, debat publik yang memperebutkan visi misi masing-masing bakal digelar hari ini Rabu (28/10/2020).

Tema yang akan dibahas dalam debat kali ini adalah menyelesaikan permasalahan daerah dan pelayanan publik.

Ketua KPU Bonbol, Adnan Berahim, mengatakan agenda debat publik akan dilaksanakan sebanyak 3 kali yang didahului dengan cawabup masing-masing pasangan calon.

“Jadi pelantikan akan dilakukan pada hari Rabu. Untuk selanjutnya debat kedua dikhususkan untuk calon bupati dari masing-masing calon dan debat ketiga akan dilanjutkan dengan cabup dan cawabup dari 4 pasangan calon. Kesemuanya akan dilaksanakan pada hari Rabu untuk mengingatkan pencoblosan. hari yang akan jatuh pada 9 Desember, "kata Adnan Berahim, Selasa (27/10/2020).

Dalam agenda debat publik, ia menjelaskan mekanisme yang akan diterapkan saat debat digelar, utamanya dengan pengetatan protokol kesehatan.

“Saat debat, yang boleh masuk hanya 6 orang. Enam orang ini dua pasangan calon dan 4 tim,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan, dalam debat publik pertama kali ini akan dibagi menjadi 5 segmen. Yakni untuk segmen pertama hingga ketiga yang dikhususkan untuk tanya jawab dari setiap Cawabup. Sementara untuk segmen 4 dan 5 terjadi perdebatan antar cawabup.

“Ada 5 panelis yang ditunjuk KPU, semuanya kompeten,” ujarnya lagi.

Selain itu, Adnan juga menyampaikan aturan-aturan yang diterapkan selama debat, baik diperbolehkan maupun dilarang.

“Nah, apa yang diperbolehkan dalam debat peserta bisa tersampaikan dengan menggali visi, misi atau program yang telah disampaikan pada pasangan calon terakhir. Sedangkan yang tidak diperbolehkan tentu saja yang menyerang calon,” pungkasnya. dia menambahkan.

Baca:  Jelang Pilkada Pohuwato, KPU Launching Gerakan Dukung Rekam e-KTP

Artikel Debat Publik Bonbol Pilkada, Berikut Aturan Mainnya, pertama kali diterbitkan di Hulondalo.id. Hak Cipta oleh Hulondalo.id.