Genset Yang Tepat Untuk Bisnis Event Organizer

Genset Yang Tepat Untuk Bisnis Event Organizer

genset-acara-penyelenggara

Anda sudah tahu apa itu penyelenggara acara? Ya, penyelenggara acara atau EO adalah pembuat, perencana hingga penyelenggara pertunjukan atau pertunjukan.

Dalam pengertian yang lebih luas, penyelenggara acara lebih seperti sekelompok orang yang terdiri dari kru, tim produksi, tim manajemen, dan tim penyelenggara atau menjalankan tugas operasional suatu program acara.

Tentunya tidak hanya itu, penyelenggara acara pun juga mengurusi acara seperti topik pembicaraan berupa diskusi, seminar, workshop, talk show, variety show bahkan presentasi.

Ada juga event organizer yang bergerak untuk acara-acara privat seperti pernikahan, pesta ulang tahun dan berbagai acara lainnya yang diadakan secara privat.

Berbagai bidang event organizer ini tentunya akan sangat membantu para pengguna jasa yang ingin membuat sebuah acara atau acara.

Saat ini banyak bisnis event organizer yang bermunculan. Kondisi pandemi saat ini tentunya berdampak sangat besar pada lini bisnis ini. Banyak acara yang telah direncanakan dan seharusnya berjalan tetapi terhambat oleh pandemi ini.

Lalu apa hubungan generator dengan bisnis event organizer? Tentunya sangat berhubungan, biasanya event organizer membuat acara yang membutuhkan listrik yang cukup banyak, nah genset menjadi modal utama bagi seorang event organizer jika ingin membuat sebuah acara.

Simak penjelasan tentang genset dan hubungannya dengan penyelenggara acara.

Ada apa dengan generatornya?

Mungkin Anda bertanya-tanya mengapa seorang event organizer sangat membutuhkan generator untuk membuat acara tersebut? Genset ini merupakan sumber listrik untuk setiap acara yang akan dibuat oleh seorang penyelenggara acara.

Tentu saja penyelenggara acara profesional telah memikirkan kemungkinan-kemungkinan yang bisa menghambat aliran acara yang akan mereka buat.

Misalnya AC (untuk tenda), mic, sound system, kulkas, kebutuhan penerangan, mesin blower, dll tergantung event yang akan dibuat bisa outdoor atau indoor.

Cheatsheet Untuk Menemukan Set Generator yang Tepat

Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan ketika akan membeli generator, seperti biaya, ukuran dan kapasitas daya.

Membuat keputusan yang tepat berdasarkan faktor-faktor tersebut sangatlah penting untuk memastikan bahwa kita mendapatkan nilai terbaik dari genset yang akan kita beli. Kita harus mengetahui kVa atau watt yang dibutuhkan saat akan membeli genset.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menghitung beban listrik total menggunakan diagram daya.

Kemudian, Anda perlu menetapkan kondisi beban yang stabil, misalnya lampu dan peralatan yang diharapkan dapat beroperasi pada satu waktu. Setelah itu Anda bisa mengubah watt benda-benda tersebut menjadi kVa.

Misalnya, untuk mengubah watt menjadi kVA untuk Watt sebesar 0,8. Setelah itu bagi dengan 1000.

2000 Watt = 2,5 kVA

4800 Watt = 6 kVA

Untuk mengubah kVA ke watt kalikan kVA x 0.8 lalu kalikan 1000.

Ada beberapa pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh vendor atau toko ketika hendak membeli genset. Kami akan membahas pertanyaan apa yang sering ditanyakan dan informasi apa yang harus kami ketahui terlebih dahulu.

  • Berapa kapasitas watt generator dan apakah itu akan mendukung kebutuhan Anda?
  • Apakah generator memiliki daya yang cukup untuk menghubungkan semua item yang Anda inginkan?
  • Seberapa bising generatornya?
  • Apakah Anda lebih suka generator dengan starter manual atau starter elektrik?
  • Apakah Anda lebih suka generator bertenaga diesel atau bensin?
  • Seberapa besar tangki bahan bakar dan berapa jam pengoperasiannya?
  • Bisakah generator dengan mudah diangkut?
  • Aksesori apa yang Anda perlukan untuk menjalankan generator?

Demikian pertanyaan-pertanyaan yang biasa ditanyakan oleh vendor atau toko yang menjual genset saat kita akan membelinya.

Biasanya genset dibutuhkan tidak hanya untuk keperluan bisnis atau industri saja, tapi genset juga bisa digunakan untuk event atau kegiatan ringan. Apakah acara atau aktivitas ringan ini? Langsung saja simak penjelasannya.

Kumpulkan Kecil

Salah satu kegiatan ringan yang dimaksud adalah silaturahmi. Misalnya, tujuan dari arisan kecil ini adalah acara keluarga.

Acara keluarga cenderung dihadiri tidak banyak orang, mungkin di bawah 20 orang, bukan acara keluarga besar lho. Selain acara keluarga, bisa juga ada ulang tahun kecil, bridal shower dan sejenisnya.

Jumlah generator kVa yang cocok untuk acara seperti ini biasanya berkisar antara 2.5 kVa hingga 6 kVa. Mengapa acara kecil masih membutuhkan generator? Lagi-lagi genset berperan sebagai penyelamat dari gangguan listrik yang terjadi saat kejadian.

Acara Umum

Selain untuk kegiatan atau acara kecil tersebut, genset juga berguna untuk acara yang sering diadakan di sekitar kita.

Misalnya peluncuran restoran, live music di kafe, acara keluarga besar, reuni akbar dan usaha kecil. Kegiatan seperti ini umumnya diikuti oleh 20-150 orang.

Jumlah generator kVa yang cocok untuk acara seperti ini biasanya di atas 10 kVa. Acara seperti ini pasti membutuhkan generator. Tentunya genset memiliki peran yang sangat penting terutama sebagai penyelamat dari gangguan listrik yang terjadi pada saat kejadian.

Peristiwa Bombastis (Besar)

Acara bombastis ini menjadi sebutan untuk acara besar seperti syuting film, pensiun sekolah, pernikahan, wisuda, festival musik dan sejenisnya.

Jadi event seperti ini pasti akan mengundang banyak orang, bisa 100 orang atau bisa 1000 orang bahkan lebih.

Jumlah generator kVa yang cocok untuk event seperti ini biasanya diatas 100-200 kVa. Bisa dipastikan acara besar seperti ini sangat membutuhkan genset, bukan lagi sebagai penyelamat melainkan sebagai sumber listrik kedua agar program bisa berjalan.

Bisnis Penyelenggara Acara Sukses Dengan Generator

Ya, begitulah penjelasan tentang hubungan generator dan penyelenggara acara. Bagi anda yang ternyata berprofesi atau bekerja di sebuah event organizer pasti sangat relevan dengan pembahasan kita kali ini.

Sekarang event organizer hanya membutuhkan genset untuk menunjang jalannya acara, rumah anda juga harus memiliki satu genset sebagai sumber listrik cadangan.

Untuk kebutuhan listrik yang lebih bertenaga, anda bisa membaca artikel selanjutnya tentang Jenis genset yang dibutuhkan oleh industri pabrik.

Baca:  Cara Mematikan Genset – Perhatikan Hal-hal Berikut Ini!

Postingan The Right Generator Set For Business Event Organizer muncul pertama kali di DPS Power.