Jenis Mesin Potong Rumput Dan Cara Merawatnya

Memiliki halaman yang indah dan asri merupakan dambaan bagi sebagian orang. Pemandangan yang hijau dan rapi dapat memberikan nuansa yang tenang dan rileks. Rerumputan perlu dijaga keindahannya dengan pemangkasan rutin, karena rumput yang tidak dipangkas nantinya akan tumbuh menjadi rumpun.

Biasanya untuk memelihara dan memangkas rumput, Anda bisa menggunakan sabit atau gunting rumput. Namun menggunakan alat ini membutuhkan waktu yang lama dan tenaga ekstra. Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, perawatan atau pemotongan rumput dapat dilakukan dengan mudah dan praktis dengan menggunakan mesin pemotong rumput, sehingga akan memberikan hasil yang lebih memuaskan dan rapi.

Jenis Mesin Pemotong Rumput

1. Membawa Mesin Pemotong Rumput

Mesin pemotong rumput pembawa adalah mesin pemotong rumput yang digunakan dengan cara ditopang di punggung. Mesin pemotong rumput pembawa ini dapat memotong rumput pada tanah yang tidak rata atau bergelombang. Mesin jenis ini tampilannya hampir sama dengan penyemprot hama. Saat menggunakan mesin ini, sebaiknya digunakan dengan berjalan maju, bukan mundur. Hindari batu selama operasi untuk mencegah pisau pemotong rumput cepat rusak.

Jenis pisau pada mesin pemotong rumput gendong

Sebuah. Pisau Silang: Biasanya digunakan untuk memotong rumput besar seperti alang-alang, rumput gajah dan sebagainya

b. Pisau bergigi bundar 8: Pisau jenis ini cocok untuk memotong semak.

c. Pisau bulat bergigi 80: Pisau jenis ini digunakan untuk memotong tanaman yang sangat besar.

2. Dorong Mesin Pemotong

Mesin pemotong rumput dorong merupakan mesin rumput yang digunakan dengan cara mendorong. Mesin ini cocok digunakan pada tanah datar dan berbentuk persegi. Mesin ini bisa memotong rumput hingga ke pinggir sesuai dengan lintasan roda. Pada bagian pusher dapat dilipat agar mudah disimpan dan terdapat wadah rumput. Saat mengoperasikan mesin dorong rumput sebaiknya digunakan secara melingkar agar rumput yang telah dipotong dapat terkumpul di tengah pekarangan dan mudah dibuang.

Baca:  Cara Menggunakan Genset dengan Benar

3. Mesin pemotong rumput mobil

Mesin pemotong rumput mobil adalah mesin yang mudah digunakan seperti mengendarai mobil. Di bagian bawah mesin pemotong rumput mobil ini terdapat mesin pemotong rumput yang berfungsi. Mesin jenis ini cocok digunakan di area yang sangat luas seperti lapangan sepak bola dan lapangan golf.

Tips merawat mesin pemotong rumput

Sebuah. Rajin Memanaskan Mesin

Untuk mencegah kemacetan saat digunakan, Anda harus memanaskan mesin terlebih dahulu. Jauhkan kabel busi dari busi agar mesin tidak menyala tiba-tiba

b. Gunakan mesin dengan baik dan benar

Gunakan mesin dengan benar. Merawat motor mesin secara rutin, minimal enam bulan sekali dengan membersihkan kerak pada piston, ruang bakar, knalpot, dan sekrup mesin. Jangan paksa mesin digunakan terus menerus karena bisa menurunkan performa mesin.

c. Penggantian Minyak dan Bensin Secara Rutin

Pastikan ketersediaan oli dan bensin sesuai dengan parameter sebelum mesin mulai beroperasi. Ganti oli dan bensin secara teratur

d. Gunakan Busi Yang Sesuai Dengan Mesin

Gunakan busi yang pas dan tahan lama. Karena sparepart merupakan komponen utama sebuah mesin khususnya komponen busi. Bersihkan busi secara rutin agar kualitasnya tetap prima.

e. Hindari Bensin Dicampur dengan Air

Bersihkan air dan kotoran pada karburator secara teratur dan hindari air masuk ke dalam tabung gas.

f. Mengganti Filter Udara

Gantilah filter udara secara rutin karena udara yang terlalu kotor dapat mengganggu performa mesin sehingga tidak maksimal.