Mahasiswa Kepung Kantor DPRD Tulungagung, Adib Makarim: Kami Komit Kawal Aspirasi Ini

Mahasiswa Kepung Kantor DPRD Tulungagung, Adib Makarim: Kami Komit Kawal Aspirasi Ini

Sumber: Hulondalo.id

Aliansi Mahasiswa Tulungagung menggelar demo menentang pengesahan UU Cipta Kerja di DPRD Tulungagung. (foto: spesial)

Hulondalo.id – Ribuan orang yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Tulungagung kembali mengepung kantor DPRD Tulungagung. Senin (12/10/2020). Aliansi ini menuntut pembatalan Omnibus Law yang dinilai menyiksa rakyat dan penindasan gaya baru.

Korlap Aksi, Muhammad Afiffu mengatakan mahasiswa yang tergabung dalam aliansi tersebut menyoroti beberapa pasal yang dinilai sangat kontroversial. Salah satunya atas nama investasi.

“Omnibus Law lebih banyak kerugiannya daripada manfaatnya,” kata Afiffu di sela-sela aksi, Senin (12/10/2020).

Disahkannya omnibus law tersebut, lanjutnya, memudahkan perizinan, sehingga banyak investor asing yang masuk untuk mengeksploitasi kekayaan alam di NKRI. Tindakan itu mendesak DPRD Tulungagung menandatangani penolakan omnibus law yang kemudian diteruskan ke DPR dan Presiden.

Ia juga menyangkal berkembangnya isu bahwa mereka yang melakukan aksi tidak membaca undang-undang hak cipta karya secara menyeluruh. Menurut dia, DPR RI sengaja mengesahkan undang-undang tersebut tanpa sosialisasi.

Di tempat yang sama, Wakil Ketua DPRD Tulungagung Adib Makarim menyambut baik aksi aliansi mahasiswa tersebut. Menurutnya, omnibus law merupakan konsep dari semua undang-undang yang tidak hanya memuat hak cipta karya, tapi juga perpajakan dan UU UMKM.

“Kami atas nama DPRD Tulungagung sudah berkomitmen dengan pimpinan lain, kami akan menampung aspirasi mahasiswa untuk mengawal perjuangan ini sampai selesai,” ujarnya.

Selaku wakil rakyat, Adib juga memfasilitasi perwakilan mahasiswa untuk audiensi pada Rabu (14/10/2020) terkait penolakan omnibuslaw untuk diteruskan ke DPR atau Mahkamah Konstitusi. (Sururi)

Artikel Mahasiswa Kepung Kantor DPRD Tulungagung, Adib Makarim: Kami Berkomitmen Menjaga Aspirasi Ini terbit pertama kali di Hulondalo.id. Hak Cipta oleh Hulondalo.id.

Baca:  Datangi KPK, Kawula Alit Serahkan Bukti Baru Dugaan Korupsi di Tulungagung