Mati Lampu dan Listrik Padam Apa Bedanya?

Mati Lampu dan Listrik Padam Apa Bedanya?

listrik-mati-lampu-dan-listrik-mati-tidak ada-perbedaan

Lampu padam dan mati listrik apa bedanya? Pasti banyak pertanyaan di benak orang. Sebenarnya yang padam lebih pada kondisi beberapa rumah yang padam, masih bisa dihitung apakah jumlah rumah kecil atau luas areanya kecil.

Jadi kalau listrik padam, ruang lingkupnya besar, misal 1 areal atau 1 komplek perumahan secara keseluruhan. Terkadang sebelum listrik padam, biasanya ada notifikasi sebelumnya, tapi itu juga tidak pasti.

Demikian sedikit penjelasan tentang perbedaan antara blackout dan blackout. Apa yang menyebabkan listrik padam? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Penyebab Pemadaman Listrik

Banyak sekali faktor yang menyebabkan terjadinya pemadaman listrik. Mulai dari pengaruh cuaca, masalah teknis seperti tower atau gardu induk yang bermasalah dan masih banyak lagi. Berikut penjelasan penyebab terjadinya pemadaman listrik.

Faktor Cuaca

Ini merupakan faktor yang paling sering menjadi penyebab pemadaman listrik, cuaca menjadi pemicu utama dan dapat menyebar ke penyebab lain, salah satunya adalah gardu listrik yang tersambar petir dan sejenisnya.

Tiang listrik juga sering menjadi korban cuaca sehingga menyebabkan listrik padam dalam satu komplek perumahan. Akibat hujan badai dan angin kencang, tidak jarang tiang listrik roboh atau jatuh.

Interferensi Transmisi Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET)

SUTET atau saluran udara tegangan ekstra tinggi juga dapat menyebabkan pemadaman listrik. Kini dampak interferensi SUTET dapat menyebabkan suatu daerah mengalami pemadaman listrik.

Contoh terdekat adalah padam di Jawa Barat yang disebabkan oleh gangguan SUTET yang terjadi pada 17 Juli 2020 kemarin.

Pemadaman listrik tersebut disebabkan oleh gangguan pada sistem transmisi SUTET sebesar 500 Kilovolt (KV). Gangguan pepohonan di bawah Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) ditengarai menjadi salah satu pemicu putusnya jaringan listrik.

Pohon tumbang

Pohon tumbang adalah musuh utama tiang dan gardu listrik kenapa? Karena bila pohon tumbang apalagi yang besar bisa mengakibatkan kabel tiang listrik terputus, tiang luapan atau gardu listrik.

Pemadaman Berputar

pemadaman listrik-pemadaman listrik bergantian

Jadi, pemadaman ini erat kaitannya dengan pemadaman bergilir. Pasti Anda pernah mengalami pemadaman bergilir baik dari PLN atau memang pemadaman bergilir memang mendadak.

Pemadaman bergilir merupakan pemadaman listrik yang dilakukan sebagai upaya terakhir oleh penyedia tenaga listrik (PLN) untuk menghindari pemadaman total pada suatu sistem jaringan listrik.

Ini biasanya dilakukan untuk menanggapi situasi ketika permintaan listrik melebihi kapasitas pasokan listrik dari jaringan.

Pemadaman bergilir dapat dilokalkan ke bagian tertentu dari jaringan listrik atau dapat meluas dan memengaruhi seluruh negara dan benua.

Dampak yang timbul akibat pemadaman listrik

listrik-keluar-dampak-yang-timbul-karena-listrik-padam

Banyak efek buruk yang terjadi akibat pemadaman massal, namun bukan hanya efek buruknya saja, berikut daftar efek pemadaman massal:

Kerugian Ekonomi

Kerugian ekonomi yang bisa dibilang kerugian yang paling dirasakan adalah kerugian ekonomi. Pemadaman listrik menghambat proses produksi – konsumsi barang dan jasa di daerah tersebut

Hambatan Pelayanan Publik

Selain ekonomi, layanan publik juga merasakan dampak buruk dari pemadaman listrik. Misalnya, beberapa kereta (kereta api) di berbagai daerah mengalami keterlambatan.

Selain KAI (Kereta Api Indonesia), pelayanan publik yang terhambat adalah OJK (Otoritas Jasa Keuangan). OJK mengatakan bahkan layanan telekomunikasi selalu mengalami gangguan saat listrik padam.

Sistem Pelayanan Konsumen OJK (HUBUNGI OJK 157) belum dapat melayani konsumen dan masyarakat secara optimal.

Selain dampak buruknya, kualitas udara meningkat

Kedua dampak di atas merupakan dampak buruk yang ditimbulkan oleh pemadaman listrik. Namun selain efek buruknya, ada juga efek baik yang muncul akibat pemadaman listrik.

Kualitas udara saat listrik padam bagus kok? Bayangkan saja, misalnya seluruh wilayah DKI Jakarta mengalami pemadaman listrik, semua kegiatan bisnis yang berkaitan dengan listrik pasti akan sangat berkurang.

Durasi Pemadaman Listrik yang Tidak Menentu

Nah ini sumber utama buat orang yang belum punya genset. Durasi pemadaman tidak dapat ditentukan dan tidak dapat dihitung.

Pasti udah lama nunggu, akhirnya listrik nyala, tapi setelah 5 menit listrik padam lagi. Jadi biasanya durasi pemadaman kedua cukup lama.

Mengalami Pemadaman Listrik? Ya Genset solusinya!

Jadi jika Anda mengalami pemadaman listrik, bagaimana solusinya? Tentunya genset adalah genset terbaik. Sekarang ini sudah banyak sekali type dan type genset yang sangat cocok untuk kebutuhan rumah dan harga yang tidak terlalu mahal.

Genset senyap biasanya paling populer karena memiliki kanopi yang dapat meredam kebisingan yang ditimbulkan oleh genset tersebut.

Dengan harga yang sedikit lebih mahal dari genset lain, namun kami mendapatkan kenyamanan dari kebisingan genset yang diredam oleh silent genset.

Kesimpulan

Ya, jadi berdasarkan topik yang sudah kita bahas, kesimpulannya kita harus membeli genset sebagai sumber listrik cadangan ketika terjadi pemadaman listrik.

Apapun generator yang Anda pilih, ketahui dulu berapa besar daya listrik rumah tersebut dan untuk apa generator tersebut. Jika anda sudah mengetahui informasi ini maka akan memudahkan kita dalam mencari genset yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Dengan adanya genset, pemadaman listrik dapat diatasi. Dapatkan informasi lengkapnya sini!

Baca:  Genset Yanmar untuk Gedung dan Perkantoran

Pos Mati dan Listrik Mati Apa Bedanya? muncul pertama kali di DPS Power.