Nelson Pomalingo Lolos, Bawaslu Bakal Hadapi DKPP

Nelson Pomalingo Lolos, Bawaslu Bakal Hadapi DKPP

Sumber: Hulondalo.id

Komisaris Bawaslu Kabupaten Gorontalo

Hulondalo.id – KPU Kabupaten Gorontalo akhirnya memutuskan Nelson Pomalingo "tidak bersalah" atas tuduhan penyalahgunaan kekuasaan. Penyerangan berbalik, Bawaslu kini menghadapi laporan penasehat hukum ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum (DKPP).

“Dari keputusan KPU, kami berhak menindaklanjuti rekomendasi Bawaslu. Yakni melaporkan Bawaslu ke DKPP,” kata Nelson saat menggelar konferensi pers PPP Center, Sabtu (17/10/2020). ).

Sedangkan kuasa hukum pasangan Nelson Pomalingo-Dadang Hemeto (NDH), dasar pelaporan ke DKPP karena mereka sangat yakin Bawaslu mengeluarkan putusan yang ganjil dan tergesa-gesa.

“Jika ada putusan bahwa KPU salah dalam administrasi, maka kecurigaannya harus jelas, baik aturan maupun tahapannya ada dugaan pelanggaran,” kata Feldy.

Dia juga menilai apa yang disampaikan ke KPU Kabupaten Gorontalo terkait persyaratan pencalonan dalam Pilkada semuanya sudah terpenuhi.

Ditanya soal keputusan KPU, Feldy menegaskan pihaknya sejak awal menilai Bawaslu tidak memiliki dasar yang kuat untuk menjatuhkan sanksi administratif kepada pasangan calon dan KPU.

Hasil putusan KPU Kabupaten Gorontalo yang telah melakukan verifikasi, pemantauan, pengawasan dan penelitian atas rekomendasi tersebut akan menjadi bukti tambahan. Pasalnya, apa yang dilakukan Bawaslu menghasilkan kode etik nasabah, ”kata Feldy. . (pendapat)

Artikel Nelson Pomalingo Lolos, Bawaslu Akan Menghadapi DKPP terbit pertama kali di Hulondalo.id. Hak Cipta oleh Hulondalo.id.

Baca:  Di Depan Fraksi DPRD, Rusli Minta Jangan Bedakan Warna Partai untuk Tangani Covid-19 dan Banjir